setting

I Love You: RADEON HD 7730 DUKUNG AMD DUAL GRAPHICS DENGAN APU

RADEON HD 7730 DUKUNG AMD DUAL GRAPHICS DENGAN APU



Radeon HD 7730 Dukung AMD Dual Graphics dengan APU?



GPU AM Radeon HD 7730 a.k.a ‘Cape Verde LE’ yang baru-baru ini muncul di permukaan masih menyimpan banyak misteri. Misalnya saja, banyak rumor yang menyebutkan bila kartu grafis murah nan kencang ini mendukung mode AMD Dual-Graphics ketika dipasangkan dengan AMD APU A10-6800K ‘Richland’ (Bagi anda yang masih awam dengan mode Dual Graphics, mungkin bisa membaca artikel Dual Graphics kami yang terdahulu). Masalahnya, sampai saat artikel ini dirilis, AMD menyebutkan bahwa konfigurasi Dual Graphics yang bisa digunakan maksimal menggunakan AMD Radeon HD 6670 (Turks XT), dan sama sekali tidak ada dokumentasi dari AMD yang menyebutkan bahwa GPU ‘Cape Verde’ (HD 7700-series) mendukung mode tersebut.



Daftar GPU AMD yang bisa digunakan untuk Dual-Graphics dengan APU
Apakah benar Radeon HD 7730 bisa digunakan dalam mode Dual Graphics dengan APU A10-6800K?!

Spesifikasi Sistem


Berikut ini spesifikasi sistem yang kami gunakan pada pengujian singkat kali ini :
  • CPU : AMD A10-6800K ‘Richland’
  • Motherboard : Gigabyte GA-F2A85X-UP4 (F4 BIOS)
  • RAM : ADATA XPG DDR3-2133 2x4GB (Berjalan pada XMP, DDR3-2133 CL10-11-11-30 2T)
  • VGA : MSI AMD Radeon HD 7730 1GB DDR5
  • SSD : Kingston HyperX SSD 120GB
  • PSU : Corsair AX 850W
  • CPU Cooling : Corsair H80 Compact Watercooling
  • OS : Windows 7 Ultimate 64-bit SP1
  • Driver VGA : AMD Catalyst 13.6 Beta

Mengaktifkan Mode Dual Graphics
Menyalakan Mode Dual-Graphics tidaklah sulit, yang perlu anda lakukan adalah :
1.Memastikan GPU Terintegrasi anda tetap menyala pada saat Kartu grafis diskrit terpasang. Ini dilakukan pada BIOS.


 

2. Memastikan GPU Utama anda mendukung mode Dual Graphics, dengan melihat apakah ada kata ‘(Crossfire Available)’ di GPU-Z


Terlihat disini, AMD Radeon HD 7730 mendukung mode Dual-Graphics

3. Masuk ke Catalyst Control Center, bagian ‘Gaming’, jika setup BIOS anda benar maka akan ada opsi ‘AMD Radeon Dual Graphics’. Enable Opsi ini.
*klik untuk memperbesar*


 4. Pastikan kembali di GPU-Z jika mode Dual Graphics sudah berjalan



Disini, terlihat ada ‘bug’ dimana pada Bagian ATI Crossfire GPU-Z mendeteksi ada 3(tiga) GPU, walaupun yang berjalan di sistem sesungguhnya hanya 2(Dua) GPU, yakni HD 8670D yang terintegrasi dan grafis diskrit Radeon HD 7730.

Performance Test

Kami akan menguji peningkatan performa yang didapat dari mode Dual Graphics dengan dua macam aplikasi :
  1. Benchmark sintetik 3DMark Fire Strike (Hanya Graphics Score, bukan Total Score)
  2. Uji Game GRID 2 – Berjalan di 1920×1080, HIGH Preset

3DMark Fire Strike



  
GRID 2 (1920×1080 HIGH)






Apakah anda melihat ada yang ‘aneh’ dari kedua pengujian diatas? Ya, meskipun uji 3DMark Fire Strike kami menunjukkan ada peningkatan nilai kurang lebih 33%-an, namun pada game GRID 2, tidak ada peningkatan sama sekali. Kami juga menguji dengan game lainnya seperti Crysis 3 dan Bioshock Infinite, namun hasilnya nihil, tidak ada peningkatan sama sekali. Apa sebabnya?

Mari kita lihat load setiap GPU pada GPU-Z log saat pengujian berlangsung :
Ini adalah load GPU yang terjadi pada pengujian 3DMark Fire Strike, terlihat disini bahwa GPU Diskrit Radeon HD 7730 (kiri) dan GPU terintegrasi Radeon HD 8670D (kanan) sama-sama mengalami load di saat pengujian berlangsung.
 


Dan ini yang terjadi saat GRID 2 dijalankan :



Bisa dilihat diatas bahwa GPU Terintegrasi Radeon HD 8670D(kanan) tidak di-load sama sekali saat aplikasi GRID 2 berjalan, meskipun mode Dual Graphics sudah diaktifkan. Ini yang menyebabkan tidak ada peningkatan performa sama sekali dari mode Dual-Graphics antara Radeon HD 7730 dan IGP Radeon HD 8670D.

Kesimpulan Sementara

Ini unik, benchmark 3DMark Fire Strike memperlihatkan peningkatan lebih dari 30% saat mode Dual-Graphics dinyalakan, tapi pada uji game tidak ada peningkatan sama sekali. Sejauh ini, mode Dual-Graphics memang banyak menjadi incaran para pengguna dengan budget terbatas untuk mendapat sedikit performa gaming ekstra, walaupun adakalanya mode ini kadang menyimpan lebih banyak masalah daripada keuntungannya (misal : stuttering dan texture corruption). Sebenarnya hal tersebut wajar dan bisa diterima, mengingat implementasi mode Dual-Graphics (yang dulunya bernama Hybrid Crossfire) butuh dukungan driver yang mumpuni dan game yang mendukung.
Akhir kata, pengujian ini lebih menimbulkan banyak pertanyaan daripada jawaban. Apakah AMD memang berencana mendukung GPU ‘Cape Verde’ seri bawah seperti HD 7730 untuk mode Dual-Graphics, dan kita bisa melihat ada kenaikan performa di driver-driver berikutnya? Atau ini hanya sekadar ‘bug‘, yang nantinya akan dihilangkan? Tidak ada yang tahu jawabnya sampai driver AMD berikutnya resmi dirilis.
Oh ya, sekarang ini kami tengah menyiapkan review lengkap mengenai AMD Radeon HD 7730, serta ulasan lengkap AMD Dual-Graphics dengan APU Richland, tentunya dengan GPU add-on yang resmi didukung AMD. Tunggu tanggal mainnya!



Tidak ada komentar:

Copyright © I Love You Urang-kurai