setting

I Love You: Kehebatan AMD Radeon Dual Graphics Pada APU Kaveri

Kehebatan AMD Radeon Dual Graphics Pada APU Kaveri

AMD menandai tahun 2014 ini dengan meluncurkan APU generasi terbaru Kaveri yang digadang-gadang sebagai generasi paling canggih karena memiliki sejumlah kemampuan baru, lebih pintar dan lebih canggih. Dibangun menggunakan arsitektur baru bernama Steamroller dan sepenuhnya mendukung teknologi HSA, Mantle dan TrueAudio.
Tak terkecuali adanya dukungan AMD Dual Graphics yang menjadi amunisi penting dalam satu kesatuan komponen perangkat berkualitas dunia. Teknologi AMD Dual Graphics dalam bahasa sederhana merupakan ajang duet dua grafis dalam satu output, di mana secara cerdas AMD membenamkan fitur ke dalam satu perangkat berupa kemampuan untuk menggunakan dua grafis.
Teknologi ini nantinya dengan cermat menyesuaikan diri dengan kebutuhan, apabila perangkat membutuhkan grafis rendah, maka sistem akan mengeksekusi GPU on board dari APU yang berimbas pula pada penghematan daya. Dan di saat perangkat membutuhkan genjotan grafis, sistem dengan instan menjalan kedua grafis sehingga perform perangkat terangkat maksimal.

Konfigurasi AMD Dual Graphics di APU Kaveri
Karena bicara dalam konteks Kaveri, maka konfigurasi yang dapat kita bahas akan melibatkan tiga model APU A-Series yakni A10-7850K, A10-7700K, dan A8-7600.
  • AMD APU A10-7850K & A10-7700K:AMD Radeon R7 250 DDR3
  • AMD APU A8-7600: AMD Radeon R7 240 DDR3

Cara Mengaktifkan Dual Graphics
1. Setelah driver terinstal, jalankah AMD Catalyst Control Center di komputer Anda.
2. Tepat di bawah panel Gaming atau Performance, temukan menu tab Dual Graphics kemudian pilih Enable AMD Radeon Dual Graphics lalu klik Apply.

dual graphics1

3. Setelah itu pastikan status Show AMD Radeon Dual Graphics berada di posisi aktif.
Jalankan game kemudian atur mode layar ke ukuran penuh. Sebuah ikon akan muncul di kanan atas layar yang menunjukkan fitur Dual Graphics sedang bekerja.
Benchmark Hasil Konfigurasi AMD Dual Graphics APU Kaveri
Hasil pengujian perangkat komputer yang menggunakan AMD Dual Graphics sangat mengesankan, di bawah ini adalah tabel hasil benchmark konfigurasi APU A10-Series dengan Radeon R7 250 2GB DDR3, di mana dapat ditarik kesimpulan bahwa performa komputer dengan fitur AMD Dual Graphics meningkat 2x lipat dari grafis diskrit saat memainkan game-game yang sudah ditentukan sebagai bahan pengujian.

dual graphics2

Sementara konfigurasi A8-Series dengan R7 240 dan memori 2GB DDR3 juga menunjukkan peningkatan performa yang tak kalah mengejutkan. Peningkatan paling rendah ditunjukkan saat memainkan game Call of Duty, dan paling tinggi saat memainkan game Tomb Raider.
Kian Gahar Dengan Fitur Frame Pacing dari Catalyst 14.1
Peluncuran driver AMD Catalyst 14.1 juga menjadi salah satu kejutan besar AMD di tahun 2014 ini, selain membenamkan fitur Mantle dan TrueAudio, AMD juga membekali Catalyst dengan fitur Frame Pacing yang berguna untuk meminimalisir struttering game saat perangkat berada dalam beban kerja maksimal. Meski tergolong baru, namun fitur ini dinilai sangat penting mengingat masalah Stuttering kerap menjadi kendala bagi gamer untuk menikmati permainan dengan sempurna.
Untuk mengaktifkan Frame Pacing silahkan buka Catalyst Control Center – System Settings kemudian temukan opsi AMD Crossfire – Frame Pacing lalu rubah dari Off ke On dan terakhir klik Apply.
dual graphic3

Dengan APU Kaveri, AMD telah membenamkan sejumlah fitur anyar yang makin memanjakan pengguna setia. Punya pengalaman menarik terkait fitur ini? Ceritakan kepada kami.
Catatan:
Semua Benchmark dilakukan oleh AMD Performance Labs dengan menggunakan sistem AMD yang terdiri dari AMD A10-7850K atau AMD A8-7600 APU dengan memori 2x8GB DDR3-2133,R7 250 GDDR3, R7 240 GDDR3,  1 TB HDD, Windows 8.1, Catalyst 13.35 Beta 8.
AMD Radeon Dual Graphics membutuhkan sebuah APU AMD A Series ditambah sebuah grafis diskrit AMD Radeon dan tersedia di Windows 7 dan Windows 8. Sistem operasi Linux mendukung pergantian secara manual yang membutuhkan proses restart X Server untuk menjalankan atau menhentikan prosesor diskrit grafis untuk kemampuan dual graphics. Dengan fitur AMD Dual Graphics, mengaktifkan semua grafis diskrit video dan layar tidak selalu berjalan di semua sistem dan akan tergantung perangkat utama yang dihubungkan ke layar. Harap periksa komponen dan sistem pabrikan untuk melihat kemampuan dan dukungan teknologi di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Copyright © I Love You Urang-kurai