Pages

Laman

Minggu, 28 Desember 2014

Pengertian & Fungsi Task Manager

Mungkin udah banyak yang tau apa itu Task Manager, disini saya hanya mau menambahkan sedikit pengertian tentang Task Manager dan fungsi Task Manager itu sendiri.

Jadi Task Manager itu adalah sebuah aplikasi bawaan dari Operating System (OS) Windows yang biasa digunakan untuk memonitoring proses dan aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada suatu komputer.
Di dalam Task Manager juga terdapat berbagai informasi mengenai aplikasi apa saja yang sedang berjalan, hingga besar memory yang sedang digunakan oleh sebuah aplikasi, dan performance dari sebuah komputer.

TaskManager Tskmgr

Task Manager biasanya bisa dipanggil atau diakses dengan menekan tombol CTRL+ALT+DELETE secara bersamaan, atau bisa juga dengan cara Klik Kanan pada Taskbar lalu pilih Task Manager.
Mungkin itu tadi sedikit tentang pengertian dan fungsi Task Manager dari saya, semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu komputer bagi anda.

PC Sering Hang

PC Sering Hang bisa diakibatkan karena beberapa hal seperti dibawah ini.
  • Hardware conflict : Hardware yang satu dengan yang lain tidak saling mendukung atau tidak cocok bahkan tidak support. Sebagai contoh motherboard tidak support dengan RAM, menyebabkan Bluescreen. Bahkan komputer bisa menjadi restart sendiri (bukan disebabkan oleh virus). Bisa juga disebabkan karena driver hardware tersebut tidak terinstall dengan baik.
  • Harddisk atau HDD, biasanya susunan file atau file system di dalam harddisk sudah tidak beraturan itu pun dapat menyebabkan pc menjadi hang. Tips agar file atau file system didalam harddisk tetap rapih sering lakukan Disk Defragment.
  • Fatal OE Exception, ini disebabkan oleh video card yang tidak support, atau mungkin udah waktunya untuk diganti.
  • Virus, jangan mengira virus cuma nyerang file ber-extension exe, doc ato file-file lainnya. Virus juga bisa bikin pc kita jadi lelet alias lemot ato mungkin jadi error.
  • Printer. Kadang saat kita mau print file dengan ukuran yang besar sering membuat pc kita hang. Hal ini disebabkan karena setiap kita akan print dokumen file yang dikirim dari PC ke memory printer terlalu besar dan printer itu cuma punya memori yang kecil. Jika hal ini terjadi coba cabut kabel data printer setelah itu matikan printernya dan tekan tombol reset pada printer.
  • Software. Masalah yang paling sering bikin PC hang adalah ini. Sebelum install software periksa dulu apakah software tersebut support dengan sistem operasi pc kita. Terkadang banyak orang main install-install aja tanpa membaca rekomendasi untuk PC.
  • Overheat. PC sering menjadi panas dikarenakan hardware tidak bekerja dengan optimal karena terlalu panas, tambahkan kipas lebih banyak lagi atau matikan PC anda beberapa saat.
  • Power Supply. Daya tegangan listrik yang kurang juga dapat membuat PC menjadi kurang optimal kinerjanya. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan anda dapat menyesuaikan daya pada Power Supply dengan kebutuhan listrik dari PC anda.
Yang dijelaskan diatas tadi adalah sedikit informasi mengapa PC sering Hang semoga bisa bermanfaat bagi anda khususnya untuk para pemula.

Memperbaiki Memory RAM

Memperbaiki memory RAM tips nya seperti ini, memory yang anda anggap sudah mati atau tidak berfungsi lagi bisa digunakan kembali dengan kondisi (70%), dengan syarat tidak mengalami kerusakan fisik yang parah, misalnya terbakar atau patah). Karena biasanya yang saya lihat bila memory sudah di vonis mati oleh pemilik PC atau oleh teknisi komputer maka biasanya langsung saja di ganti dengan membeli memory yang baru, padahal sebenarnya masih ada kemungkinan memory tersebut masih bisa hidup atau berfungsi lagi.

Berikut adalah peralatan yang diperlukan untuk memperbaiki memory.
  • Avometer/multitester/multimeter.
  1. Bersihkan memory tersebut dengan cara menggosok pin memory tersebut dengan kain halus dengan tujuan agar pin tersebut bersih, atau bisa juga di beri Contact Cleaner/Tiner sedikit supaya lebih bersih dari debu, dan gesekan dengan kain halus tersebut juga akan memancing ion-ion pada pin memory menjadi tersimulasi agar konduktornya lebih aktif.
  2. Arahkan skala Avometer pada Ohm (skala untuk mengukur hambatan), skala bisa 1K, 10K atau 100K.
  3. Ambil jarum negative (-) Avometer (Kabel Warna Hitam) lalu tempelkan pada salah satu pin/kaki memory, dan jarum positive (Kabel Warna Merah) gesekan pada pada kumpulan kaki-kaki IC/Chipset memory, bila memory memiliki 8 buah IC maka gesekan jarum (+) tersebut ke kaki-kaki 8 IC tersebut.
  4. Atau anda bisa mencoba menggunakan penghapus baik Stedler/Fabercastel. Dengan cara menghapus bagian pin memory nya.
Catatan:

Proses ini memanfaatkan aliran arus listrik dari batere Avometer yang di alirkan ke dalam sirkuit-sirkuit IC/Chipset memory .

Semoga dengan tips diatas ilmu komputer kita bertambah khususnya untuk para pemula.

Driver VGA ATI

Driver VGA ATI Catalyst For Win XP, Vista & 7

ATI RADEON

  • AMD Catalyst 12.6 WHQL 32-bit Download
  • AMD Catalyst 12.6 WHQL 64-bit Download
  • AMD Catalyst 12.6 WHQL 32-bit Win XP Download
  • AMD Catalyst 12.7 Official BETA Win XP 32/64-bit Download
Kunjungi juga Driver VGA NVidia bagi anda yang menggunakan VGA NVidia tetapi tidak punya driver update terbarunya.

Menampilkan Informasi Sistem

Ini mungkin syntax standar untuk menampilkan informasi sistem pada Windows baik itu windows XP, vista atau pun 7, sudah pasti banyak yang tau syntax ini karena ini mungkin adalah syntax dasar pada windows. Anda hanya cukup ketik saja pada MS-DOS:


systeminfo

Setelah enter ditekan maka akan muncul otomatis informasi sistem komputer anda seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Informasi Sistem

Demikian sedikit tips dari saya tentang menampilkan informasi sistem pada komputer, semoga tips ini bermanfaat untuk anda.

10 Hal dalam Windows XP

10 hal yang Anda tidak tahu tentang Windows XP. Mari kita jelajahi dan kita ungkap rahasia yang terdapat pada Windows XP yang biasa kita gunakan sehari-hari sebagai sistem operasi komputer.
Langsung saja kita mulai :
  1. Menawarkan berapa lama komputer anda tetap hidup. Sedangkan di versi Windows yang sebelumnya menawarkan tentang berapa lama komputer anda booting, XP patut dibanggakan dan diacungkan jempol untuk stamina dan daya tahannya. Untuk mengetahui informasi sistem anda bisa baca dipostingan sebelumnya.
  2. Anda dapat menghapus file yang ada secara langsung, tanpa harus masuk ke Recycle Bin dulu. Caranya : Klik kanan pada Recycle Bin -> Pilh Properties -> Pilih Do not move files to Recycle Bin.
  3. Anda dapat mengunci Workstation pada Windows XP anda dengan cara tekan tombol Windows+L pada keyboard secara bersamaan. 
  4. Windows XP juga dapat menyembunyikan beberapa sistem perangkat lunak seperti Windows Messenger, Caranya : Masuk kedalam Program di Control Panel, Lalu pilih Add / Remove Windows Components dan akan ada mangsa Anda disana (Yang mau anda hilangkan)
  5. Bagi anda yang terampil dalam DOS, XP memiliki sejumlah perintah baru yang menarik. Seperti 'eventcreate' dan 'eventtriggers' untuk membuat dan menyaksikan aktivitas sistem, 'typeperf' untuk memantau kinerja dari berbagai subsistem, dan satu lagi 'schtasks' untuk menangani tugas-tugas yang telah dijadwalkan. Seperti biasa, jika anda ingin tau perintah apa aja yang tersedia ketik saja /? akan memberikan daftar pilihan perintah yang ada.
  6. Windows XP memiliki dukungan IP versi 6 (Generasi lanjutan dari IP versi 4). Sayangnya ini harus diinstall terlebih dahulu, beda halnya dengan Windows 7 yang sudah tersedia. Jika anda mau melakukan percobaan ini pada LAN anda. Ketik 'ipv6 install' didalam Run. (Tidak akan merusak konfigurasi jaringan yang ada) dan kemudian dilanjut ketik 'ipv6 /?' untuk mengetahui lebih lanjut.
  7. Anda dapat mematikan program yang sedang berjalan secara langsung dengan menggunakan perintah 'tskill' lanjut proses nomor nya. Untuk nomor proses yang sedang aktif ketik 'tasklist', secara otomatis akan menampilkan seluruh program yang sedang berjalan. (Hanya bisa digunakan pada MS-DOS).
  8. Windows XP dapat membuat file Zip menjadi seperti folder. Caranya dengan mengetik 'regsvr32 / u zipfldr.dll' pada command prompt. Jika anda ingin merubahnya kembali, anda dapat mengembalikannya dengan mengetik 'regsvr32 zipfldr.dll'.
  9. Tombol Windows+Break untuk menampilkan kotak dialog System Properties.
  10. Tombol Windows+D untuk menampilkan desktop.
Sementara ini dulu yang dapat saya berikan kepada anda, karena lumayan capek juga nulisnya. :-P
Mudah-mudahan bisa menambah ilmu komputer kita

Mengembalikan Folder Karena Virus

Apakah anda pernah mengalami kejadian folder hilang karena virus? Saya akan memberikan sedikit tips mengembalikan folder yang hilang karena virus, tips ini berlaku untuk anda yang sudah pernah ataupun yang belum pernah mengalaminya.


Jika anda sudah mencoba segala cara tetapi folder anda tetap tidak kembali lagi, silahkan anda coba download yang satu ini.
Setelah anda download programnya anda cukup simpan program ini di folder atau partisi yang hilang foldernya, lalu klik 2x saja nanti akan muncul tampilan seperti ini. Tekan sembarang tombol lalu tunggu sampai selesai. Jika sudah selesai maka folder anda akan muncul dengan sendirinya.
 

Semoga dengan program yang saya berikan ini bisa membantu mengembalikan folder anda yang hilang karena virus.

Sejarah Jaringan Komputer

Jaringan komputer ditemukan berawal ketika George Stibitz dari kampus Dartmouth yang terletak di New Hampshire, pada bulan september 1940 George menggunakan mesin teletip untuk mengirimkan beberapa masalah ke Complex Number Calculator di New York. George pun menerima balasan pesan dari alat yang sama yaitu mesin teletip itu tadi. Berikut ini adalah sejarah singkat mengenai jaringan yang kesuksesannya yang mungkin menarik perhatian ARPA (Advanced Research Projects Agentcy), sehingga pada tahun 1962 seorang yang bernama J.C.R. Lickliader mengembangkan sebuah grup jaringan yang disebut dengan 'Intergalactic Network', sebagai cikal bakal pengembangan ARPAnet.
Pada tahun 1964, seorang peneliti di Dartmouth mengembangkan sistem tersebut pada komputer. Pada tahun yang sama juga, MIT (Massachusetts Institute of Technology) membentuk grup penelitian yang didukung oleh General Electric dan Bell Labs, dengan komputer yang bernama PDP-8 untuk mengarahkan dan mengatur koneksi telpon. Pada tahun 1968, Paul Baran mengusulkan model jaringan yang terdiri dari datagram dan paket-paket yang dapat digunakan dalam jaringan sistem komputer.
Setahun kemudian, empat universitas di Amerika yaitu Universitas California yang terletak di Los Angeles, SRI yang berada di Stanford, Universitas California di Santa Barbara dan yang terakhir adalah Universitas Utah telah membuat jaringan sendiri agar ke empat kampus tadi saling terhubung dengan jaringan 50 kilobit. Dan inilah yang disebut dengan ARPAnet Project yang merupakan, awal mulanya jaringan dan internet.
Demikian sedikit cerita tentang sejarah jaringan komputer, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Terminologi Jaringan

Dalam pembangunan sebuah jaringan komputer tergantung pada kondisi dan kebutuhan dari masing-masing individu. Bagi seorang network engineer selayaknya harus bisa menentukan design jaringan yang akan dibangun dan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan didalam perusahaannya. Tipe dan design dari jaringan komputer sering disebut dengan network terminology atau terminologi jaringan.
Berikut ini adalah beberapa terminologi jaringan yang sering digunakan :

  • Local Area Network (LAN).
  • Wide Area Network (WAN).
  • Metropolitan Area Network (MAN).
  • Storage Area Network (SAN).
  • Sistem Area Network  (SAN).
  • Server Area Network  (SAN).
  • Small Area Network  (SAN).
  • Personal Area Network (PAN).
  • Desk Area Network (DAN).
  • Controller Area Network (CAN).
  • Cluster Area Network (CAN.
Jadi terminologi jaringan mana yang anda gunakan saat ini? Untuk pengertian lebih lanjut anda bisa memilih terminologi jaringan yang disebutkan diatas tadi, semoga bermanfaat.

Pengertian dan Fungsi WAN (Wide Area Network)


Pengertian WAN (Wide Area Network) yaitu merupakan jaringan komputer yang mencakup area lokasi yang lebih luas, dengan melibatkan kesatuan komputer yang lebih banyak. Hal ini sudah jelas berbeda dengan PAN, MAN atau mungkin LAN yang dibatasi dengan ruangan dan bangunan. WAN tidak dibatasi dengan ruangan ataupun bangunan namun cakupannya bisa antar benua.
WAN akan mampu mengkoneksikan para pengguna-pengguna jaringan dalam daerah jangkauan yang lebih luas. Hal ini akan membuat para Technical IT dapat melakukan sharing resource antar negara bahkan antar benua.
Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya WAN tidak jauh berbeda dengan LAN. WAN juga berfungsi sama seperti LAN mengkoneksikan antar komputer, printer dan juga device lainnya dalam satu jaringan. WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yang ada diberbagai lokasi. Dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkan antara LAN dengan WAN dan device tersebut adalah router.

Router berfungsi merawat dan mengatur address LAN dan juga WAN. Berikut gambar topologi sebuah WAN.

WAN tidak dimiliki atau di manage oleh seorang saja, tetapi didistribusikan dan dikelola oleh beberapa orang bahkan oleh beberapa organisasi. Teknologi yang biasanya dipakai WAN antara lain : Modem, ISDN (Integrated Services Digital Network), DSL (Digital Subscriber Line), Frame Realay, ATM (Asynchronous Transfer Mode), SONET (Synchronous Optical Network), T (US) dan E (Europe) Carrier Series seperti T1, E1, T3, E3 dan lain-lain.

Demikian seputar pengertian dan fungsi tentang WAN. Semoga bisa bermanfaat untuk anda,

Membedakan Folder dengan Virus

Kali ini saya akan memberikan sedikit tips cara membedakan folder dengan virus, karena yang saya lihat hampir setiap virus membuat folder jadi ganda namun folder yang asli disembunyikan. Contohnya virus Folder.lnk, virus tersebut memiliki icon yang sama persis dengan icon Folder tetapi jika kita properties atau jika kita cek di windows explorer dengan mode view detail akan muncul deskripsi bahwa Folder.lnk itu ternyata bukan folder melainkan shortcut. Nah saya akan mencoba memberi tipsnya agar anda tidak mudah dikelabui oleh virus yang menyerupai folder tersebut.
Berikut adalah tips mudah yang harus anda lakukan :

1. Masuk Folder Option untuk membuka Extension File dan Hidden Files and Folder. Jika anda belum mengerti bagaimana cara membuka dan mengetahui Extension File silahkan anda baca dipostingan sebelumnya.

2. Periksa apakah di data anda atau disetiap folder data anda terdapat virus shortcut yang menyerupai folder atau tidak. Jika ada langsung saja hapus. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Jika sudah dihapus tetapi ternyata virus tersebut masih ada berarti komputer anda sudah terinfeksi virus.

Lalu bagaimana caranya supaya hilang virusnya? Ada 2 jawaban yang pertama install ulang windows anda dan yang kedua masuk safe mode lalu bantai semua virus yang ada disetiap folder.

Pasti anda bertanya safe mode itu apa dan bagaimana caranya agar bisa masuk safe mode. Saya akan jelaskan terlebih dahulu tentang safe mode. Safe mode yaitu mode dimana semua aplikasi termasuk driver tidak aktif dan tidak bisa dijalankan mulai dari tampilan sampai audio, jadi istilah safe mode itu adalah menjalankan windows yang hanya operating sistem nya saja tanpa ada driver atau service windows yang berjalan.

Cara agar anda bisa masuk kedalam safe mode adalah pada saat booting anda cukup tekan F8 setelah tampilan bios, nanti akan muncul tampilan dengan berbagai macam menu. Pokoknya sebelum ada tampilan windows loading, jika anda kurang cepat maka tampilan menu untuk masuk safe mode tidak akan keluar.
Bagaimana tips yang saya berikan, apakah cukup jelas? Semoga tips membedakan folder dengan virus yang saya berikan ini jelas dan bermanfaat untuk anda.

Install Windows 7 Dengan Flasdisk


Install Windows 7 Menggunakan Flashdisk

Apakah sudah ada yang tahu bagaimana cara install windows 7 atau vista menggunakan flasdisk? Jika masih ada yang belum tahu saya akan memberikan sedikit tips untuk anda bagaimana caranya install windows menggunakan flashdisk.


Baiklah, langsung saja mari kita mulai. Pertama bahan yang diperlukan harus disiapkan terlebih dahulu.

1. Flashdisk ukuran 4GB
2. PC dengan OS Windows 7 yang masih sehat.
3. CD/DVD Windows 7

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah masuk Command Prompt. Setelah anda masuk command prompt lakukan cara seperti dibawah ini.

1. Ketikan perintah diskpart lanjut dengan menekan Enter, hasilnya akan tampil seperti ini.

Proses awal diskpart

2. Setelah lalu anda lanjut dengan mengetik perintah list disk. Anda akan melihat beberapa disk yang tampil.
Proses kedua diskpart
3. Setelah itu lihat pada List Disk apakah flashdisk anda terbaca atau tidak. Jika terbaca lanjut dengan mengetikkan perintah select contoh select disk 3.

Proses ketiga diskpart

4. Lalu lanjut dengan mengetik perintah clean. Nanti akan muncul tulisan seperti dibawah ini.
Diskpart succeeded in cleaning the disk.

5. Lanjut dengan membuat partisi baru, caranya ketikkan perintah create partition primary. Nanti muncul tulisan seperti ini.
Diskpart succeeded in creating the specified partition.

6. Lalu pilih partisi yang sudah tadi anda buat, dengan ketikkan perintah select partition 1.
Partition 1 is now the selected partition.

7. Jangan lupa untuk mengaktifkan partisi yang tadi sudah dibuat dan dipilih, caranya dengan ketik perintah active. Jika tidak di aktifkan maka prosesnya akan gagal.
DiskPart marked the current partition as active.

8. Jika flashdisk yang tadi di partisi sudah aktif, langkah selanjutnya adalah melakukan Formating. Ketikkan perintah format fs=fat32 quick. *Quick = Agar proses Formating cepat.
DiskPart successfully formatted the volume.

9. Proses selanjutnya ketikkan perintah assign letter=X setelah formating selesai.
DiskPart successfully assigned the drive letter or mount point.

10. Jika sudah selesai semua proses diatas lalu exit.
Leaving DiskPart...
Exiting Diskpart

*Catatan : Hati-hati saat anda menggunakan perintah Select Disk, pastikan bahwa Disk yang terpilih adalah Flashdisk yang akan digunakan.

Langkah selanjutnya adalah memasukan file instalasi ke Flashdisk.
1. Masih tetap di command prompt.

2. Masukkan CD/DVD Installasi Windows 7 atau Vista.

3. XCOPY F:\*.* /s/e/f Z:\

"F" adalah letak DVDRom anda atau tempat file yang akan kita copy yaitu CD Installasi Windows 7 atau Vista.
Dan "Z" adalah tempat hasil Copy-an dari CD/DVD Installasi Windows 7 atau Vista yaitu Flashdisk.

"F"  bisa saja berbeda-beda berhubung di komputer saya drive untuk ROM ada  "F"  maka saya gunakan  "F". Anda sesuai kan saja Drive ROM anda pada saat membuat instalasi ini.

4. Tunggu hingga proses selesai.

Jika sudah selesai, anda bisa langsung mencobanya Booting Menggunakan Flashdisk. Demikian tips yang dapat saya berikan, semoga tips ini bermanfaat.

Pengertian VGA (Video Graphic Adapter)



Apa itu VGA atau beberapa orang menyebutnya Graphic Card? VGA (Video Graphic Adapter) adalah salah satu bagian paling penting dari hardware di PC Anda. Tanpa vga, monitor atau pun LCD tidak berguna.


Graphic Card

Lalu fungsi VGA apa? Fungsinya yaitu agar jika kita mau bermain games atau rendering video gambarnya jadi bagus, lembut dan tajam, tetapi tidak semudah anda tinggal pasang vga terus langsung bisa digunakan.
Anda membutuhkan software driver agar vga anda terdeteksi oleh PC anda, seperti driver vga ati atau driver vga nvidia. Jika anda tidak menginstall driver dari vga tersebut maka percuma karena kualitas gambar ataupun video yang dihasilkan akan buruk.
Sedikit Tips dari saya agar kualitas graphic dari vga selalu bagus, rajin-rajin anda update driver vga anda.
Memang penting? Ya, menurut saya sih penting karena saya sudah mengujinya. Setiap ada update driver terbaru selalu ada perbedaan dan selalu ada tambahan kinerja dari update vga yang lebih baik, dengan kompatibilitas yang lebih bagus (biasanya didukung juga dari DirectX atau Direct3D).

Demikian sedikit informasi yang bisa saya sampaikan untuk anda, semoga artikel tentang vga yang saya berikan ini bermanfaat untuk anda.

Repair BadSector


Repairing Hardisk
Kali ini saya akan memberi sedikit tips bagaimana cara memperbaiki atau me-Repair BadSector pada hardisk, karena sering sekali hardisk terkena BadSector dan tanpa disadari bahwa badsector yang sudah menempel pada hardisk akan bertambah jika kita diamkan saja. Untuk memeriksa apakah hardisk kita ada badsectornya atau tidak anda bisa memeriksanya dengan Checkdisk.
Bagaimana hardisk bisa terkena badsector? Berikut ini salah satu penyebab hardisk terkena badsector.
  • Kabel data jelek atau sudah tidak layak pakai.
  • Power Supply kurang bagus atau beban dari power supply tidak sesuai dengan beban PC.
  • Tegangan Listrik tidak stabil atau naik turun. Disarankan menggunakan Stabilizer/Stavol.
  • Hardisk pernah jatuh.
Saya akan membantu memberikan solusi untuk anda yang mungkin baru mengalami badsector pada hardisk anda.
  • Kabel data usahakan agar selalu bagus 6 atau 12 bulan sekali ganti.
  • Power Supply usahakan kabel power untuk hardisk tidak ada sambungan dengan kabel lain. Lebih bagus lagi Power Supply menggunakan yang Pure 500W, tetapi jika anda menggunakan hardisk 1TB (Terrabytes) saya sarankan menggunakan Power Supply yang Pure 1000W agar listrik yang dialirkan lebih stabil.
  • Jika anda suka lepas pasang hardisk alangkah baiknya jika bepergian hardisk dimasukan kedalam tas atau tas kecil agar terhindar dari kecelakaan hardisk jatuh.
Jika semua tips diatas sudah anda coba dan ternyata hardsisk anda terkena badsector misalkan 4Kb silahkan anda coba menggunakan HDD Regenerator atau Flobo Hardisk Repair. Silahkan anda coba salah satu yang menurut anda bagus yang mana, 2 software tersebut adalah software yang biasa saya gunakan untuk merepair hardisk badsector atau hardisk yang tiba-tiba hilang partisi nya. Jika anda belum tau cara melakukan partisi hardisk anda bisa baca artikel cara partisi menggunakan fdisk dan jika anda bingung untuk memilih sistem partisi pada hardisk silahkan baca juga tentang NTFS Vs FAT.
Sekian dulu tips dan informasi tentang repair badsector yang bisa saya berikan saat ini, semoga tips diatas bisa menambah ilmu komputer kita dan bermanfaat untuk kita semua khususnya untuk para pemula yang ingin belajar komputer.

Mencegah Laptop Overheat Dikarenakan aliran listrik kurang stabil

Apakah anda memiliki laptop atau notebook yang umurnya sudah sekitar satu tahun atau lebih? Coba perhatikan pada saat anda menggunakan laptop atau notebook anda, saat anda gunakan laptop selama beberapa jam apakah anda merasakan panas yang terus meningkat pada laptop atau notebook anda? Jika anda merasa begitu segera matikan dan istirahatkan laptop anda, begitu mungkin yang biasa anda lakukan.
Mencegah Laptop Overheat
Fan atau kipas pada laptop sebenarnya bukan hanya untuk mendinginkan processor ataupun laptop yang anda gunakan melainkan sudah terkenal dan mungkin banyak yang tahu kegunaannya untuk mengumpulkan kotoran, debu, dan bahan kimia lainnya yang beterbangan di udara.

Ada beberapa hal yang akan saya sarankan dalam artikel ini untuk membantu anda mengurangi masalah panas atau overheat dan menjaga laptop atau komputer anda agar tetap memiliki kinerja yang baik.
Cooling Fan Laptop
Sistem ventilasi pada laptop berada di tempat ya bisa dibilang aneh menurut saya, seperti dibawah laptop, di sisi, dan kadang terletak di samping keyboard.
Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga laptop anda agar tidak overheat.
  1. Masukan laptop anda pada rak pendingin (bentuknya mirip oven). Memungkinkan laptop anda untuk bernafas lebih baik dan mengeluarkan aliran udara dalam mannor yang lebih efektif untuk sistem ventilasi pembuangan udara yang dibawah.
  2. Gunakan kaleng udara pada ventilasi anda setiap beberapa bulan sekali misalkan 2 atau 3 bulan sekali. Ini akan membantu membuang debu dan mencegah kotoran menyumbat bagian dalam laptop atau komputer anda.
  3. Jangan menggunakan laptop apalagi ditinggal pergi laptopnya di tempat tidur atau di sofa. Karena ventilasi udara pada laptop anda tidak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik dan tentunya laptop anda akan terus panas karena tidak ada ruang untuk membuang udara panas yang dihasilkan laptop.
  4. Hindari merokok di dekat laptop. Hal ini akan menyebabkan nicoteine ​​menempel pada fan laptop anda dan tentu saja dapat merusaknya. Dan jika kipas tersebut rusak apalagi terbakar maka laptop anda tidak akan pernah bisa mendinginkan laptop itu sendiri.
  5. Menggunakan Cooling Pad laptop. Saya menggunakannya di laptop saya dan saya telah melihat peningkatan signifikan dalam kinerja ketika saya menggunakan aplikasi.
  6. Masuklah ke mode siaga (Sleep) bila anda tidak menggunakannya. Semakin sedikit komputer aktif, lebih sedikit panas yang dihasilkan dan mencegah dari overheat.

Saya telah melihat banyak komputer dan laptop rusak terbakar karena masalah dengan ventilasi. Menghindari resiko dapat menjaga laptop juga komputer anda agar tetap dalam kondisi yang sangat baik dan dapat bertahan selama bertahun-tahun bahkan sampai tahun yang akan datang. 
Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk anda pemilik dan pengguna laptop dan PC juga tentunya.

Cara Kerja Power Supply Komputer / PC


Power Supply Komputer PC
Power Supply adalah bagian yang sangat penting pada komputer, tanpa adanya power supply komputer anda tidak akan pernah hidup. Power Supply adalah salah satu komponen yang paling sedikit dipahami dalam PC dan pada saat yang sama juga power supply adalah salah satu bagian yang paling penting. Ketika power supply sudah jelek atau tidak layak pakai, komputer anda pun akan ikut bermasalah. Baiklah, saya akan menjelaskan kepada anda sepenting apa power supply untuk komputer.

Seperti yang saya sebutkan tadi power supply adalah bagian yang sangat penting pada komputer. Jika Anda berencana melakukan upgrade besar pada komputer anda, ada baiknya power supply juga ikut diganti karena nantinya akan mempengaruhi kinerja pada komputer.
Lalu bagaimana caranya supaya anda bisa tahu power supply anda jelek? Nah, disini masalah yang akan saya jelaskan kepada anda. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui seperti overheat, kegagalan atau kesalahan pada booting, muncul suara, dan bahkan sengatan listrik ketika anda menyentuh PC.
Jika power supply menunjukkan tanda-tanda seperti contoh tadi, mungkin sudah waktunya power supply perlu diganti. Jangan pernah mencoba untuk memperbaiki sendiri jika anda tidak memiliki pengalaman. Lebih aman jika anda mau memperbaikinya bawa kepada teknisi atau yang ahli. Atau jika anda tidak mau repot tinggal beli yang baru saja praktis kan?
Pasokan listrik dinilai oleh output watt. Komputer yang model lama biasanya memiliki atau memakan daya sekitar 70 watt. Berbeda dengan komputer yang jaman sekarang, rata-rata komputer saat ini menggunakan  dan memakan daya sekitar 230 watt atau 250 watt atau bahkan lebih. Jika Anda membeli power supply yang baru, beli lah dengan teliti dan alangkah baiknya juga jika anda tau merk dari power supply yang bagus.
Dasar-dasar tentang bagaimana power supply bekerja.
Power Supply mengubah daya standar yaitu 120 volt menjadi sebuah bentuk aliran listrik yang dapat digunakan oleh komputer Anda. Biasanya, motherboard, adapter card, dan disk drive membutuhkan daya sedikitnya 5 volt, kipas pendingin atau cooling membutuhkan 12 volt.
Pasokan listrik juga mempengaruhi komputer apalagi pada saat booting. Karena power supply mengirim aliran listrik ke motherboard dan memastikan bahwa sistem memiliki daya yang cukup untuk beroperasi dengan benar.
Kipas utama dari power supply anda juga sangat penting karena power supply pun harus menjaga suhu komputer. Dan selalu anda periksa juga kipas pendingin power supply karena itu menarik udara melalui lubang angin lalu keluar dari lubang di bagian belakang power supply. Oleh karena itu, sebelum PC dihidupkan pastikan aliran udara power supply bagus dan tidak ada debu yang menempel.
AT Vs ATX
Pasokan listrik AT bisa dibilang paling umum, sederhana dan tidak memakan daya yang besar. Sedangkan ATX memerlukan daya khusus. ATX ini berisi sirkuit khusus yang memungkinkan untuk memasok daya minimal 5 volt ke motherboard bahkan ketika komputer keadaan mati.
Kipas pada power supply yang memiliki ATX biasanya arus udaranya dibalik. Jadi udara yang berhembus ke dalam PC dikeluarkan lewat kipas yang ada pada power supply.
Konektor.
Ketika power supply bekerja, ada yang perlu anda tahu tentang beberapa konektor. Yang paling penting jika anda menggunakan PC baru, anda mungkin harus menghubungkan kabel listrik ke saklar daya di PC. Beberapa orang mengalami kesulitan melakukan hal ini, karena ada empat kabel, dan empat tab. Pada umumnya anda akan menemukan empat warna kabel.
Kabel-kabel tersebut memiliki kode warna sebagai berikut:
Kabel coklat dan biru adalah kabel dengan daya 110V.
Mereka membawa daya 110V untuk saklar. Mereka akan selalu panas saat listrik terpasang.
Kabel hitam dan putih membawa arus AC masuk kedalam power supply.
Kabel ini akan panas saat sistem aktif atau PC anda hidup, karena switch sebenarnya menutup sirkuit.
Jika Anda memiliki kabel hijau, kadang-kadang ada garisnya, itu adalah kawat tanah.
Ketika melakukan koneksi, tempatkan kabel biru dan coklat pada tab yang sejajar dan berdampingan.
Lalu tempatkan kabel hitam dan putih pada tab yang miring dan di samping kabel biru.
Saya perhatikan banyak orang dapat memasang kabel-kabel ini tanpa masalah, tapi SELALU yang harus anda pastikan posisi kabel hitam dan coklat adalah tepat di samping kabel warna biru.
Konektor semua hampir sama, kecuali untuk ukurannya saja yang berbeda. Ada beberapa orang kadang menanyakan tentang pin, ini dia yang dimaksud.
1 Kuning 12 V
2 Black  Ground
3 Black  Ground
4 Merah +5 V
Apa yang dapat anda lakukan untuk membuat power supply anda lebih awet?
Komputer rumahan biasanya ramah lingkungan. Artinya kipas dalam PC bekerja dengan baik guna untuk menjaga komputer anda agar tetap dingin dan sejuk juga bebas dari debu.
Cobalah untuk meminimalkan jumlah debu dan polusi di udara disekitar komputer anda, karena kipas menarik udara masuk ke dalam PC. Anda juga mungkin pernah memperhatikan lubang kipas di power supply yang ditutupi dengan debu, pastikan anda selalu membersihkannya karena akan mempengaruhi kinerja dari power supply.
Gunakan stavolt atau stabilizer atau lebih bagus UPS agar lonjakan listrik yang memasuki komputer anda melalui kabel tidak besar. Untuk UPS saya sarankan anda menggunakan UPS yang sudah memiliki stabilizer agar jika tegangan listrik sedang tidak stabil alias naik turun anda tidak khawatir komputer anda akan bermasalah atau rusak.
Demikian artikel tentang cara kerja power supply dari saya, semoga bermanfaat untuk anda.

100 Shortcut Keyboard Pada Windows

100 Shortcut Keyboard Windows

Mungkin sebagian orang atau teman-teman atau bahkan anda sendiri sudah mengetahui hotkey atau shortcut atau jalan pintas pada keyboard. Nah, kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk anda bagi yang belum tahu hotkey atau shortcut keyboard yang dapat digunakan dalam windows. Berikut ini adalah kombinasi tombol keyboard (hotkey) yang berfungsi sebagai shortcut untuk membuka atau melakukan operasi di dalam sistem operasi windows.

1. CTRL+C (Copy)
2. CTRL+X (Cut)
3. CTRL+V (Paste)
4. CTRL+Z (Undo)
5. DELETE (Delete)SHIFT+DELETE (Delete the selected item permanently without placing the item in the Recycle Bin)
6. CTRL+SHIFT while dragging an item (Create a shortcut to the selected item)
7. F2 key (Rename the selected item)
8. CTRL+RIGHT ARROW (Move the insertion point to the beginning of the next word)
9. CTRL+LEFT ARROW (Move the insertion point to the beginning of the previous word)
10. CTRL+DOWN ARROW (Move the insertion point to the beginning of the next paragraph)
11. CTRL+UP ARROW (Move the insertion point to the beginning of the previous paragraph)
12. CTRL+SHIFT with any of the arrow keys (Highlight a block of text)
13. CTRL+A (Select all)
14. F3 key (Search for a file or a folder)
15. ALT+ENTER (View the properties for the selected item)
16. ALT+F4 (Close the active item, or quit the active program)
17. ALT+ENTER (Display the properties of the selected object)
18. ALT+SPACEBAR (Open the shortcut menu for the active window)
19. CTRL+F4 (Close the active document in programs that enable you to have multiple documents open simultaneously)
20. ALT+TAB (Switch between the open items)
21. ALT+ESC (Cycle through items in the order that they had been opened)
22. F6 key (Cycle through the screen elements in a window or on the desktop)
23. F4 key (Display the Address bar list in My Computer or Windows Explorer)
24. SHIFT+F10 (Display the shortcut menu for the selected item)
25. ALT+SPACEBAR (Display the System menu for the active window)
26. CTRL+ESC (Display the Start menu)
27. ALT+Underlined letter in a menu name (Display the corresponding menu)
28. F10 key (Activate the menu bar in the active program)
29. RIGHT ARROW (Open the next menu to the right, or open a submenu)
30. LEFT ARROW (Open the next menu to the left, or close a submenu)
31. F5 key (Update the active window)
32. BACKSPACE (View the folder one level up in My Computer or Windows Explorer)
33. ESC (Cancel the current task)
34. SHIFT when you insert a CD-ROM into the CDROM drive (Prevent the CD-ROM from automatically playing)
35. CTRL+TAB (Move forward through the tabs)
36. CTRL+SHIFT+TAB (Move backward through the tabs)
37. TAB (Move forward through the options)
38. SHIFT+TAB (Move backward through the options)
39. ALT+Underlined letter (Perform the corresponding command or select the corresponding option)
40. ENTER (Perform the command for the active option or button)
41. SPACEBAR (Select or clear the check box if the active option is a check box)
42. Arrow keys (Select a button if the active option is a group of option buttons)
43. F1 key (Display Help)
44. F4 key (Display the items in the active list)
45. BACKSPACE (Open a folder one level up if a folder is selected in the
46. Windows Logo (Display or hide the Start menu)
47. Windows Logo+BREAK (Display the System Properties dialog box)
48. Windows Logo+D (Display the desktop)
49. Windows Logo+M (Minimize all of the windows)
50. Windows Logo+SHIFT+M (Restore the minimized windows)

100 Shortcut Keyboard Windows
51. Windows Logo+E (Open My Computer)
52. Windows Logo+F (Search for a file or a folder)
53. CTRL+Windows Logo+F (Search for computers)
54. Windows Logo+F1 (Display Windows Help)
55. Windows Logo+ L (Lock the keyboard)
56. Windows Logo+R (Open the Run dialog box)
57. Windows Logo+U (Open Utility Manager) Accessibility Keyboard Shortcuts
58. Right SHIFT for eight seconds (Switch FilterKeys either on or off)
59. Left ALT+left SHIFT+PRINT SCREEN (Switch High Contrast either on or off)
60. Left ALT+left SHIFT+NUM LOCK (Switch the MouseKeys either on or off)
61. SHIFT five times (Switch the StickyKeys either on or off)
62. NUM LOCK for five seconds (Switch the ToggleKeys either on or off)
63. Windows Logo +U (Open Utility Manager)
64. END (Display the bottom of the active window)
65. HOME (Display the top of the active window)
66. NUM LOCK+Asterisk sign (*) (Display all of the subfolders that are under the selected folder)
67. NUM LOCK+Plus sign (+) (Display the contents of the selected folder)
68. NUM LOCK+Minus sign (-) (Collapse the selected folder)
69. LEFT ARROW (Collapse the current selection if it is expanded, or select the parent folder)
70. RIGHT ARROW (Display the current selection if it is collapsed, or select the first subfolder)
71. RIGHT ARROW (Move to the right or to the beginning of the next line)
72. LEFT ARROW (Move to the left or to the end of the previous line)
73. UP ARROW (Move up one row)
74. DOWN ARROW (Move down one row)
75. PAGE UP (Move up one screen at a time)
76. PAGE DOWN (Move down one screen at a time)
77. HOME (Move to the beginning of the line)
78. END (Move to the end of the line)
79. CTRL+HOME (Move to the first character)
80. CTRL+END (Move to the last character)
81. SPACEBAR (Switch between Enlarged and Normal mode when a character is selected)
82. CTRL+O (Open a saved console)
83. CTRL+N (Open a new console)
84. CTRL+S (Save the open console)
85. CTRL+M (Add or remove a console item)
86. CTRL+W (Open a new window)
87. F5 key (Update the content of all console windows)
88. ALT+SPACEBAR (Display the MMC window menu)
89. ALT+F4 (Close the console)
90. ALT+A (Display the Action menu)
91. ALT+V (Display the View menu)
92. ALT+F (Display the File menu)
93. ALT+O (Display the Favorites menu)
94. MMC Console Window Keyboard Shortcuts
95. CTRL+P (Print the current page or active pane)
96. ALT+Minus sign (-) (Display the window menu for the active console window)
97. SHIFT+F10 (Display the Action shortcut menu for the selected item)
98. F1 key (Open the Help topic, if any, for the selected item)
99. F5 key (Update the content of all console windows)
100. CTRL+F10 (Maximize the active console window)
 
Cukup jelas kan. dilain waktu kita sambung lagi. mungkin ada pertanyaan silahkan kirimkan komentar anda.. hahahaha

Cara Mengetahui Kelamin alias perangkat Komputer


Tips Mengetahui Kelamin Komputer


Lagi jalan-jalan gak sengaja saya menemukan tips cara mengetahui kelamin komputer ini, pasti anda semua bingung apa benar komputer memiliki kelamin? Mari kita buktikan apa jenis kelamin komputer atau laptop anda.

Langkah-langkah yang harus dilakukan :
  1. Dengan tampilan dekstop, Buka Notepad.
  2. Isi dengan kode ini CreateObject("SAPI.SpVoice").Speak"I Love You".
  3. Save file tersebut dengan nama apa saja bebas terserah anda, Contoh : xyz.vbs
  4. Klik dua kali file yang tadi dibuat (Pastikan volume speaker keras).
  5. Jika file tersebut jalan atau berfungsi, maka terdengar seseorang menyapa.
  6. Jika yang menyapa suara wanita maka komputer anda berjenis kelamin perempuan dan begitu juga sebaliknya.
Bagaimana, penasaran? Silahkan anda coba dan buktikan apa jenis kelamin komputer anda. Jika sudah terbukti jangan lupa komen ya.. :-P

Mengkoreksi Image dengan Levels command


Tutorial Photoshop
Apakah foto Anda terlihat tumpul, kekurangan kontras? atau warnanya kabur? Apakah kemerahan atau kehijauan? Level command pada Adobe Photoshop dapat memperbaiki wilayah tunel dan keseimbangan warna dari image dengan menyesuaikan level intensitas dari bayangan image, midtones, dan highlights. Pada tutorial kali ini, Anda akan mempelajari bagaimana meng-adjust tonality dan warna dalam image menggunakan Levels command.
Tutorial Photoshop
1. Buka sebuah Image dalam Photoshop.
Pilih File > Open atau double-click sebuah thumbnail dalam File Browser. Sebelum memulai pengaturan, evaluasi tuning imagenya. Apakah image tersebut terlalu terang atau gelap? Apakah terlalu kontras atau sebaliknya? Apakah ada warna yang kabur?

Tutorial Photoshop
2. Buatlah layer Levels adjustment baru.
Pilih Layer > New Adjustment Layer > Levels, lalu click OK dalam New Layer dialog box. Anda dapat juga membukanya dengan memilih Image > Adjustments > Levels. Bagaimanapun, dengan sebuah layer adjustment, anda akan mengkoreksi tunel pada layer yang terpisah dengan image aslinya. Original image tidak tersentuh. Jika anda merasa tidak puas dengan perubahannya, Anda dapat menggantinya kapan saja atau hapus aja layer adjustment dan kembali ke original image.
Sebuah tool yang berguna untuk mengevaluasi tunel sebuah image adalah histogram yang terlihat pada Levels dialog box. Histogram menggambarkan bagaimana pixels dalam image didistribusikan oleh grafik jumlah pixels pada tiap level intensitas warna. Ini dapat menunjukkan sebuah image berisikan cukup detail pada bayangan (terlihat pada sisi kiri histogram), midtones (terlihat di tengah), dan highlights (terlihat pada bagian kanan) untuik membuat contras yang baik pada image secara keseluruhan.

Tutorial Photoshop
3. Set shadows dan highlights.
Geser penanda hitam slider dan penanda putih slider (terletak tepat dibawah histrogam). Dengan menggeser slider penanda hitam akan menandai semua nilai pada image pada posisinya atau di bawah Output Levels black point (Default sampai 0, atau hitam pekat). Memindahkan slider warna putih akan menandai image pada nilainya atau di atas Output Levels white point (Default sampai 255, atau putih murni).
Sebagai contoh, jika image yang Anda miliki terlalu gelap, coba untuk memindahkan slider penanda yang putih ke kiri. Ini akan membuat nilainya 255 (Output Levels white point), membuat lebih terang.

Tutorial Photoshop
4. Mengatur midtones.
Pindahkan slider Input yang tengah ke kiri untuk membuat image lebih terang atau ke kanan untuk membuatnya lebih gelap.
Slider Input tengah mengatur gamma pada image. Akan memindahkan midtone (level 128) dan merubah nilai intensitas range tengah dari tone abu-abu tanpa menghilangkan highlights dan bayangan terlampau besar.

Tutorial Photoshop
5. Menghilangkan warna kabur.
Pilih penanda abu-abu Eyedropper tool pada Levels dialog box. Click area pada image yang hanya mengandung tone abu-abu, atau sebuah area yang mengandung warna sekecil mungkin. Akan sangat mudah untuk menyeimbangkan warna image saat pertama kali dikenali sebagai area yang netral kemudian membuang warna kabur dari area tersebut. Dengan sedikit perbaikan, warna- warna yang lain pada image harus dibalancekan juga warnanya. Tool Eyedropper akan bekerja sempurna pada image dengan identifikasi yang netral.
Untuk User yang mahir seringkali menggunakan Levels command untuk mengatur channels dan meniadakan warna kabur. Pilih channel dari menu Channel pada Levels dialog box kemudian atur slider-slider inputnya.

Tutorial Photoshop
6. Gunakan Levels adjustment.

Click OK.
Mungkin seperti itulah cara mengkoreksi image dengan Levels Command, ada pun tutorial menghilangkan red-eye pada images dalam photoshop yang telah dibahas diblog ini. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua yang belum mahir dalam photoshop.

Menghilangkan red-eye pada images Melalui Adobe Photoshop

Tutorial Photoshop
Tidak ada yang lebih menjengkelkan dari pada memiliki gambar yang bagus yang di dalamnya ada gambar orang dengan mata menjadi merah. Adobe Photoshop memberikan solusi sederhana untuk memperbaiki red-eye menggunakan Color Replacement tool. Dalam tutorial kali ini, Anda akan mempelajari bagaimana menggunakan tool tersebut dengan beberapa langkah.
Tutorial Photoshop
1. Buka image.
Buka image yang ingin di perbaiki. Coba untuk memperbesarnya sehingga anda lebih leluasa melihat red eyes yang memerlukan perbaikan. Selanjutnya, pilih Color Replacement tool (terletak di dalam toolbox dengan Healing Brush dan Patch tool).
Tutorial Photoshop
2. Pilih ukuran brush.
Memilih ukuran brush dari options bar. Ukuran brush harus lebih kecil daripada area red eye pada mata untuk membuat proses perbaikan menjadi lebih mudah.
Tutorial Photoshop
3. Set options untuk Color Replacement tool.
Pada options bar, anda dapat memilih setingan untuk memperbaiki red eyes. Untuk mode, pastikan bahwa mode Color yang terpilih. Untuk pilihan Sampling, pilih Once untuk menghapus hanya area yang berisi warna pada target. Untuk pilihan Limits , pilih Discontiguous untuk menggantikan warna sample dimanapun itu terjadi di bawah brush. geser slider Tolerance ke nilai rendah (sekitar 30 persen) untuk menggantikan hanya beberapa warna yang sangat serupa pada pixel yang di click.
4. Pilih sebuah warna untuk menggantikan warna merahnya.
Biasanya, hitam adalah pilihan yang bagus, tetapi Anda dapat juga mencoba warna lainnya yang lebih dekat dengan warna mata orangnya. Untuk memilih warna, click warna foreground cari di toolbox. dalam color picker, pilih warna yang bagus, lalu click OK.
5. Perbaiki photo anda.
Click satu kali pada warna yang ingin di gantikan warnanya pada image. Drag melalui warna merah dengan hitam untuk memperbaiki image. Jika semua warna merah tidak hilang, coba untuk menaikan level Tolerance pada options bar untuk memperbaiki bayangan2 merahnya.
Setelah anda puas dengan hasil koreksinya, save image. Red-eye tidak akan menjadi masalah lagi.
Tutorial Photoshop
Cukup segitu dulu mungkin tutorial menghilangkan red-eye pada images, semoga bisa menambah ilmu untuk anda. 

Membuat image menggunakan layer

Tutorial Photoshop
Ketika Anda membuat image dari gabungan warna background, text, bentuk dan photo, layer pada photoshop memberikan kontrol yang oke dan kreatif. Pada tutorial ini Anda akan membuat sebuah image dengan multilayer, pakai sebuah layer mask, lalu tambahkan text layer.

Tutorial Photoshop
1. Buka sebuah Image dalam Photoshop.
Pilih File > Open atau double-click sebuah thumbnail dalam File Browser.
Secara default, palet layer seharusnya muncul. Jika tidak, pilih Window > Layers. Palet Layer akan memperlihatkan seluruh layer dalam dokumen disertai dengan nama layernya dan sebuah thumbnail dari image layer.
Tutorial Photoshop
2. Konvert background layer.
Di palet layer, double-click background layer. Klik OK pada New Layer dialog. Mengkonvert background menjadi sebuah layer biasa akan membuat kita dapat menggunakan transparency pada layer ini. Anda sekarang dapat melihat atau menyembunyikan layer dengan ikon mata. Click ikon mata pada sebuah layer. Dengan tanda bahwa ikon mata hilang maka layer tsb akan tersembunyi. Click ikon box kosong lagi. maka ikon mata akan muncul dan layer akan kembali kelihatan.
Tutorial Photoshop
3. Menggunakan layer mask.
Dengan sebuah layer mask anda dapat memilih dan memperlihatkan bagian tertentu saja yang ingin kita lihat dari objek yang akan kita kerjakan, dengan tanpa mengubah imagenya. Disini kita akan melakukan masking(menyembunyikan) seluruh bagian image kecuali area yang berbentuk lingkaran. Click dan tahan Rectangular Marquee tool, lalu pilih Elliptical Marquee tool dari pop-up menu. Tahan tombol Shift untuk mempertahankan seleksi sehingga membentuk sebuah lingkaran, lalu drag area pada image. Pada palet Layers, click ikon Add Layer Mask.
Sekarang hanya area yang dipilih saja yang tampak. Anda dapat mengubah daerah tampaknya dengan menggeser masking disekitar iage. Pertama click link icon ke unlink mask dari layer. Pilih Move tool, lalu click di dalam mask dan drag untuk menentukan posisinya. Saat posisinya sudah tepat, click link icon ke relink mask dan layernya. Sekarang Anda dapat memindahkan layer dan mask akan berpindah juga.
Tutorial Photoshop
4. Menambahkan efek stroke.
Click tombol Add a Layer Style pada bagian bawah palet Layer, dan pilih Stroke dari menu. Pilih stroke settings dalam Layer Style dialog box, termasuk color, size, dan position stroke.
Tutorial Photoshop
5. Membuat layer baru.
Click tombol Create a New Layer untuk menambahkan layer baru pada image. Sebuah layer baru akan ditambahkan di bagian teratas dari layer yang telah ada dan langsung menjadi layer aktif. Click warna Foreground cari dan pilih sebuah warna dengan Color Picker. Pilih Paint Bucket tool (terletak dalam toolbox dengan Gradient tool) dan click dimana saja dalam image untuk membuat isinya.
6. Menyusun letak susunan layers.
Click layer baru dan drag ke bawah layer terbawah. Merubah urutan layer akan membuat beberapa bagian image tampak di depan atau di belakang layer lain.
Tutorial Photoshop
7. Menambahkan text layer.
Dalam palet Layers, click layer teratas. Pilih Text tool, kemudian click pada image. Text cursor muncul. Pada options bar, ubah text size, font, style, atau color menurut keinginan.Saat Anda mengetikkan text, Photoshop secara otomatis akan menempatkannya pada layer tersendiri, dimana Anda dapat meng editnya secara terpisah dari sisa image.
Untuk mengedit text, pilih dengan Text tool, lalu ubah settingan dalam options bar. Untuk memindahkan text, pilih Move tool lalu drag textnya.
Tutorial Photoshop
8. Menambahkan efek pada text.
Click tombol Add a Layer Style dan pilih Drop Shadow dari menu. Anda dapat mengubah warna atau sudut bayangan atau membuat pengaturan lainnya dalam Layer Style dialog box.
Dalam palet Layers, efek layer tampak di bawah nama layer. Anda dapat mengaktifkan ataupun me non-aktifkannya dengan meng-clickikon mata di sebelah efeknya.
Tutorial Photoshop
Sekian dari saya tentang tutorial membuat image menggunakan layer, capek soalnya ngetiknya,, :D

Menggunakan tool seleksi Photoshop

Menggunakan tool seleksi Photoshop

Anda punya masalah dengan bagaimana cara pemilihan bagian tertentu pada image? Adobe Photoshop memberikan beberapa tool yang akan membantu Anda dalam menyeleksi bagian tertentu dari objek yang ingin anda ambil. Pada tutorial ini, anda akan mempelajari cara terbaik menggunakan setiap tool-tool seleksi. Anda dapat mencobanya pada image elang berikut ini.
1. Pakai Magic Wand tool untuk mengambil background image.
Selama elang yang ada pada image memiliki bentuk yang baik, dan warna-warna pada area elangnya berbeda dengan warna background hijau, kita bisa mengambilnya dengan menggunakan Magic Wand tool. Pilih Magic Wand tool, lalu click dimana saja pada background hijau. Area hijau dikelilingi oleh garis putus-putus yang bergerak(marque) dapat di edit. Cobalah untuk mendrag paintbrush melalui keseluruhan image untuk melihat bagaimana elang terproteksi(terkunci).
2. Invert seleksi.
Karena backgroundnya sangat mudah di seleksikan, kita akan invert seleksi sehingga hanya elangnya saja yang terseleksi. Pilih Select > Inverse. Anda akan melihat border seleksi berubah sehingga elangnya saja yang terseleksi. Ini adalah cara yang termudah dalam membuat penyeleksian saat anda memiliki image seperti elang di atas. Anda sekarang bisa melakukan pengeditan pada elangnya saja tanpa terganggu oleh background image. Setelah itu, pilih Select > Deselect lalu kita bisa mencoba tool-tool yang lainnya.
3. Pakai Elliptical Marquee tool untuk memilih mata elang.
Pilih Elliptical Marquee tool, lalu drag untuk menggambar border seleksi mengelilingi mata elang. Untuk mereposisikan border seleksi yang kita buat, tahan spacebar dan drag border selection pada posisinya yang baru. Untuk memindahkan border selection setelah dibuat, click dimana saja dalam border lalu drag.
4. Pakai Magnetic Lasso untuk memilih paruh elang.
Pilih Magnetic Lasso tool (terletak dalam toolbox dengan Lasso tool), kemudian click dan drag disekitar paruh. Magnetic Lasso tool membuat seleksi bebas lebih mudah dikarenakan tracing disekitar object. Hal ini baik dilakukan pada tepi yang tergambar jelas, seperti paruh elang. Tool ini menempatkan jangkar saat Anda mendrag (anda bisa membuang jangkarnya dengan cara memilih jangkar tsb sambil menekan Delete). Pada saat selesai dengan border seleksi, click pada awal jangkar(atau double-click). Cobalah pindahkanparuh dengan menggunakan Move tool. Pilih Edit > Undo untuk mengembalikan paruh ke posisi sebelumnya. Lalu pilih Select > Deselect untuk melepaskan seleksi pada paruh.
5. Tambahkan sebuah seleksi.
Pilih Marquee tool, dan buat seleksi kasar pada tubuh burung elang. Ketika anda sudah melakukannya, Anda dapat menambahkan border seleksinya tanpa harus memulainya dari awal. Pilih Magnetic Lasso tool, dan click ikon Add to Selection pada options bar. Lakukan pemilihan dengan mendragnya disekitar bagian luar dari burug elang(Anda akan diberi tahu dengan munculnya tanda tambah kecil di bawah tool pointer). Lepaskan mousenya. Border seleksi sekarang termasuk juga area yang anda telah pilihkan dengan Magnetic Lasso tool.
Bagaimana? Apa cukup jelas? Mudah-mudahan jelas ya,, :D

Menghasilkan Print Dengan Hasil Bagus

Menghasilkan Print Bagus

Tutorial Photoshop
Tutorial Photosop kali ini saya akan membantu anda bagaimana menghasilkan print bagus dengan menggunakan Print Preview. Apa ada yang tau cara terbaik untuk menghasilkan warna print yang bagus dari inkjet printer Anda? Jika tidak ada, silahkan gunakan perintah Print with Preview Adobe Photoshop. Print with Preview akan menunjukkan bagaimana hasil foto yang akan diperoleh sebelum di print. Anda akan mempelajari sekarang dan saya juga akan memberikan tutorial bagaimana cara menambahkan suatu border sederhana di sekitar foto kemudian mengubahnya ke dalam suatu frame dengan menambahkan suatu textur dan Layer style.
Tutorial Photoshop
1. Buka photo yang akan di cetak.
Pilih File > Open atau double-click sebuah thumbnail dalam File Browser.
Anda melakukan sedikit perubahan atau koreksi pada photo sebelum mencetaknya.
2. Pilih Print with Preview.
Pilih File > Print with Preview.
Print with Preview akan menunjukan bagaimana hasil yang akan dicetak dan mengontrol bagaimana cara gambar akan di print preview. Anda pun dapat menentukan posisi dan skala gambar.
Tutorial Photoshop
3. Posisi Image.
Hilangkan tanda seleksi pada pilihan Center Image sehingga Anda dapat memasukan nilai pada posisi Top dan Leftnya untuk mengubah letak image. Anda dapat juga mendrag image preview ke posisi yang dikehendaki. Jika halamannya tidak sesuai anda bisa men-setupnya dengan mengklik tombol Page Setup.
Jangan menetapkan suatu skala persentasi ke dalam dialog box Page Setup. Tetapi gunakan scale control. Dengan menetapkan skala pada Page Setup dan Print dialog box akan membuat skala menjadi 2x lipat, sehingga akan membuat image tidak sesuai dengan ukuran yang tidak sesuai dengan harapan anda.
Tutorial Photoshop
4. Atur ukuran Image.
Anda dapat mengatur ukuran image dengan beberapa cara. Pilih pilihan Scale to Fit Media maka Photoshop secara otomatis akan menyesuaikan image dengan halaman cetak. Anda juga dapat memasukkan nilai-nilainya secara manual untuk skala Height dan Width. Atau, Anda dapat mengatur lagsung menarik ujung image pada preview nya.
Tutorial Photoshop
5. Set pilihan color management dan click tombol Print.
Pilih Show More Options. Pilih Color Management dari menu dalam area More Options. Pilih Document untuk Source Space. Jika Anda ingin Photoshop menghandel color management selama proses printing, pilih profile printer Anda dari Profile menu dalam area Print Space. Jika Anda lebih suka menghandel color management dengan Printer Driver, maka pilihlah Printer Color Management dari Profile menu. Click tombol Print. Print dialog box tertutup, dan sedetik kemudian Print dialog box akan terbuka.
Color management sangat penting untuk konsistensi warna saat pencetakan. Apapun yang Anda pilih untuk color management baik itu dengan Photoshop ataupun dengan melalui Printer driver, Anda akan memperoleh hasil terbaik dengan menggunakan custom profile untuk printer Anda dan jenis kertas yang Anda pergunakan.
Tutorial Photoshop
6. Menentukan setingan pada printer.
Pada Print dialog box yang kedua, pilihlah printing options. Pada Windows, click tombol Properties, lalu tombol Advanced, untuk mengakses pilihan printer driver. Pada Mac OS, gunakan menu pop-up untuk mengakses pilihan printer driver. Jika Anda memilih Printer Color Management pada langkah sebelumnya, tentukan color management settings. Jika Anda memilih Photoshop untuk mengatur color management, maka pastikan beberapa pilihan color management dimatikan.
Jangan menggunakan color management 2x pada image. Warna printing yang tak terduga akan muncul sebagai hasilnya jika color management dilakukan oleh keduanya yaitu Photoshop maupun driver Printer.
7. Cetak image.
Saat semua settingan sudah selesai dilakukan, lalu anda tinggal click tombol Print dan lihat hasilnya. :D
Sekian tutorial cara menghasilkan print yang bagus dari saya, semoga bermanfaat untuk anda.